[email protected] 081283903955

Dua Dosen FH Unilak Menjadi Reviewer Seminar Nasional Hukum (Semnashum) Tahun 2024 Untuk Tingkatkan Kualitas Artikel Ilmiah Mahasiswa

FH Unilak menyenggarakan Seminar Nasional Hukum (Semnashum) Tahun 2024 Tahap 2 pada Senin, 24 Juni 2024 secara daring dengan Zoom Meeting. Tema Semnashum FH Unilak Tahun 2024 adalah Problematika dan Perkembangan Hukum Perdata Dan Hukum Tata Negara. Jumlah peserta yang mengikuti Semashum adalah 100 (seratus) dari mahasiswa FH Unilak yang telah menyelesaikan penulisan Skripsi dan artikel skripsi.

Dekan FH Unilak, Dr Fahmi SH MH menyampaikan bahwa Semnashum FH Unilak diselenggarakan secara berkala setiap tahun yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan penulisan skripsi dan artikel skripsi, serta lolos turnitin maksimal 30 persen. Menurut Dekan FH Unilak, mahasiswa yang belum lulus turnitin wajib merevisi artikel agar turnitin di angka 30 persen.

Menurut Dekan FH Unilak, Semnashum 2024 Tahap 2 diselenggarakan sebagai bentuk desiminasi hasil penelitian skripsi mahasiswa. Sebelum ditetapkan untuk dipresentasikan dalam Semnashum, mahasiswa harus melaporkan penyelesaian turtinin hasil turnitin dari Unit Penjaminan Mutu (UPM) FH Unilak. Artikel yang dipilih untuk dipresentasikan dalam Semnashum 2024 Tahap 2 adalah artikel yang ditetapkan berdasarkan tema-tema aktual dalam Hukum Perdata dan Hukum Tata Negara (HTN) Di Indonesia. Mahasiswa sebagai presenter maupun sebagai peserta adalah syarat yang harus dipenuhi untuk pelaksanaan ujian skripsi.

Reviewer Semnashum 2024 adalah Dr. Eddy Asnawi, S.H.,M.Hum., dan Yetti, S.H.,M.Hum., Ph.D.. Keduanya adalah Dosen Hukum Tata Negara (HTN) dan Dosen Hukum Perdata FH Unilak. Dr. Eddy Asnawi, S.H.,M.Hum., sebagai reviewer bidang Hukum Tata Negara (HTN) dan Yetti, S.H.,M.Hum., Ph.D.  sebagai reviewer bidang Hukum Perdata Dalam teknis pelaksanaan Semnashum, masing-masing reviewer dipisahkan dalam 2 (dua) room yang berbeda.

Mahasiswa yang terpilih sebagai presenter, dipersilahkan menyampaikan presentasi selama 10 menit mulai dari pendahluan, rumusan masalah, hasil penelitian, dan kesimpulan. Setelah itu, reviewer membahas masing artikel dengan memberikan masukan atas kekurangan dalam pola penulisan, analisis data, dan rencana publikasi.


Nama-nama mahasiswa presenter pada Semnashum 2024 pada BKU Hukum Perdata adalah 1)Faiza Hayati Aprila Hasan,  2) Sharon Nathasa Mauren, 3) Addermi,  4) Lydia Gustiana Putri S, 5)  Zuhaji Fidriansyah, 6) Alexander Leonardo N, dan 7) Nicko Dwi Putra. Presenter  mahasiswa bidang HTN adalah 1) Elsha Rizal Putri, 2)  Rafael Nazario, 3) Jespina AN, 4)  Satria Erwana, 5) Nanda Rahayu, 6) Arinda Varadiba, 7) Gading Rizky Dwi P, 8) Yori Perdana, dan 9) Marpius.

Moderator kegiatan adalah Dr Silm Oktapani SH MH dan Olivia Anggie Johar SH MH. Secara daring dari Mekkah Saudi Arabia, Ketua Unit Rumah Jurnal Dan Publikasi, Rezmia Febrina SH MH menyampaikan bahwa Semnashum 2024 adalah momentum bagi mahasiswa FH Unilak untuk belajar lebih giat lagi dalam mempertahankan hasil penelitian yang telah ditulis. Menurut Rezmia Febrina, luaran Semnashum adalah publikasi pada Prosiding Semnashum 2024.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan ramah tamah antara Pimpinan FH Unilak, narasumber, dan mahasiswa.

Tuliskan Komentar