Beri Semangat Siswa SMK PGRI Pekanbaru, Rektor Unilak Dr Junaidi Motivasi Generasi Milenial Untuk Kuliah

Unilak Pekanbaru---Rektor Universitas Lancang Kuning Pekanbaru (Unilak)  Dr Junaidi.M.Hum melakukan dialog dan motivasi dengan generasi milenial khususnya bagi siswa-siswi SMK PGRI Pekanbaru. Selasa (11/01/2022) bertempat di halaman sekolah. 

Kunjungan Dr Junaidi disambut ramah oleh Wakil Kepala sekolah dan sejumlah guru. Saat itu juga dilakukan penandatangan kerjasama yang tuangkan dalam Memoroundum of Understanding (MoU) ditandatangani oleh Dr Junaidi dengan Kepala Sekolah yang diwakili Wakil Kepala SMK PGRI Pekanbaru, Bagus Nurdianto.S.Kom.MM.

SMK PGRI merupakan sekolah yang swasta yang berdiri sejak tahun 1961, lingkungannya asri dan hijau, saat masuk kedalam konsep minimalis industrial tampak jelas, beberapa pohon penghijau tumbuh subur, dibawah pohon banyak tempat duduk persis berkonsep taman kota. Sekolah ini memiliki 8 jurusan yaitu Teknik Komputer Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia, Akuntansi Keuangan Lembaga, Usaha Perjalanan Wisata, Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran, Bisnis Daring Pemasaran dan Perbankan Syariah.

Saat berdialog dengan siswa berlangsung dengan gelak tawa, tiga orang siswa-siswi SMK PGRI maju kedepan bercerita dengan Rektor Unilak. Saat itu Dr Junaidi menanyakan ke siswa akan melanjutkan ke mana setelah tamat SMK, kemudian beberapa siswa menjawab ingin melanjutkan ke perguruan tinggi di Riau dan Jawa, beberapa lainnya menjawab ingin bekerja. 

Dikatakan Dr Junaidi, sejak tamat SMK putuskan jurusan apa yang akan dipilih di perguruan tinggi, pilih jurusan yang disukai, kemudian diskusikan dengan orang tua. Kemudian ukur peluang untuk masuk jurusan yang dipilih, ketika nilai/peluang masuk tidak mencukupi maka segera tentukan pilihan alternatif perguruan tinggi mana yang akan dipilih. Perguruan Tinggi Swasta bisa jadi alternatif, saat ini di Indonesia Perguruan tinggi swasta lebih banyak di bandingkan perguruan tinggi negeri. 

"Luruskan niat, dan semangat untuk melanjutkan kuliah, pendidikan/sekolah itu adalah perjuangan, maka kejarlah mimpi adik adik agar mimpi itu terwujud. Ketika pilihan jurusan berbeda dengan keinginan orang tua maka lakukan dialog dan komunikasi, karena ridho orang tua penting, agar anaknya berhasil. " Pesan Dr Junaidi yang juga tokoh pendidikan di Riau

Dr Junaidi yang juga tokoh pendidikan Riau ini menyebutkan jangan sampai tamat sekolah membuang buang waktu (mengannggur) dengan kegiatan yang tidak bermanfaat, isilah dengan aktifitas yang produktif, saat ini peluang kuliah sambil bekerja banyak dilakukan oleh anak anak milenial. Bagi yang memiliki keterbatasan finansial jangan patah semangat, kuliah sambil kerja bisa menjadi solusinya, yang terpenting semangat dan dengan niat yang kuat.

Selain itu juga bisa dilakukan dengan mencari beasiswa, di Unilak ada banyak beasiswa, tentunya yang utama untuk meraih beasiswa adalah nilai harus tinggi, untuk itu sejak sekolah dan mengawali kuliah kuatkan agar mendapatkan nilai yang baik, uajr Dr Junaidi dalam pesannya kepada siswa.

Turut hadir saat penandatangan MoU Sekretaris Kantor Internasional Urusan Kerjasama Unilak Dr Nurfaisal,M,Pd, Kabag Media Promosi M Revnu Ohara.M.Ikom

 

Tuliskan Komentar